all of andyQ

what you get is what you share……….

Pengalaman dengan kabel USB to RS232

Posted by Andik on November 15, 2010

“Apa yang anda bayar adalah apa yang anda dapatkan”. Begitulah kira-kira pepatah yang tepat untuk kasus ini. Memang harga murah ya jangan minta lebih.  Pengalaman ini saya alami saat membeli kabel USB to RS232 beberapa bulan yang lalu. Waktu itu saya ingin membuat percobaan dengan interface mikrokontroler dengan PC menggunakan program Delphi. Aplikasi yang ingin saya bangun saat itu adalah data akusisi suhu menggunakan LM35. Saat ini saya berada di surabaya untuk menjalankan tugas kantor. Sementara itu waktu luang saya gunakan untuk bereksperimen. Namun sayangnya beberapa alat penting saya masih ketinggalan di Batam. Jadi senjata yang selama ini saya bawa cuma ADB40 v1.1, power supply variabel yang saya buat dari bekas power supply komputer, dan solder murahan dengan ujung tip yang sudah semakin tumpul. Saya tidak terpikir bahwa kabel USB to RS232 begitu penting saat itu, padahal saya suka sekali membuat program interface mikrokontroler dengan PC. Yaahh..

Dengan perasaan yang melas…saya coba cari solusinya, karena tidak mungkin saya balik ke Batam cuma untuk ngambil kabel itu. Akhirnya saya coba jalan ke supermarket terdekat yang kebetulan juga menjual periperal untuk PC. Saya tanyakan kepada penjaganya, “mas ada kabel USB to serial?”. Agak nggak yakin masnya bilang “enggak ada mas”. Ah..saya pikir nggak ada apa nggak tahu ada dimana, atau malas nyarikan. Mata saya mulai jelalatan, setelah beberapa saat akhirnya saya menemukan barang yang saya maksud. “mas saya coba lihat yang itu boleh?” nada saya merendah. Kemudian diambilkannya, barang yang saya tunjuk tadi, terus dibacanya tulisan-tulisan yang ada dikemasannya. “Lho ini mas yang dicari ya?”. “iya mas..” piye toh..bakule malah ga ngerti barang sing didol. Setelah itu saya tanyakan berapa harga kabel ini. “40 ribu mas”. Wah kok murah sekali, perasaan saya beli dulu sekitar 125 ribuan. Mulai berpikir, wah kebetulan duit udah nipis, balik ke batam ngga mungkin, ya udahlah “bungkus mas!”.

Sesampai dirumah saya langsung colokkan kabel itu ke Laptop saya, seperti biasa minta driver. Saya masukkan cd kecil tanpa bungkus dari paket kabel tadi, dan kemudian…taraaa…”windows tidak dapat menemukan driver yang tepat” kata laptop saya. Loh…saya coba browse lagi cd kecil itu. Buanyak sekali driver-driver yang tersedia, tapi satupun tidak ada yang mau diterima laptop saya. Akhirnya mau ngga mau saya coba tanya mbah Google, kata kuncinya adalah merek kabel itu. Aha ketemu, langsung saya coba install lagi, tetap tidak mau…fiuh lak nggak jadi ngukur suhu ruangan nih, jadi ngukur panas badanku yang emosi sejak dua jam tadi tidak berhasil install barang ini. Akhirnya saya menemukan program aplikasi dalam cd bawaan tadi, dan langsung saya install, horeee…kabel dapat dikenali laptopku.

Oke saatnya sekarang dikoneksikan dengan ADB40 V1.1, dan simulasi dengan Serial Device Tester dulu. Taraa…tak ada satupun data yang diterima SDT maupun boardku. Kenapa ya????Waduhhh ternyata masalah belum selesai…semakin panas badan ini. Tidak mungkin boardku yang salah, karena selama ini tidak pernah ada masalah dengan kabelku yang di batam itu. Dan sudah banyak aplikasi aku simulasikan dengan board ini. Semakin tidak percaya dan akhirnya putus asa, aku copot kabel itu, aku kembalikan ke wadahnya dan…masuk tong sampah..ehh eman biar aku bongkar dulu, sapa tahu dapat ilmu baru.

Fiuuhh tadinya mau berhemat eee… malah habis tiga kali lipat. Akhirnya aku beli yang harga tiga kali lipatnya lebih, dan tanpa basa basi langsung bisa konek. Dan konon aku tanyakan pada toko lain ternyata produk yang aku beli dulu sudah ditarik dari peredaran, banyak yang kecewa setelah membelinya. Lha yo to mas, rego murah njaluk apik..:)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: