all of andyQ

what you get is what you share……….

Image Processing menggunakan Delphi (1)

Posted by Andik on November 30, 2009

ISetelah beberapa bulan melakukan kajian pustaka..-kayak nggarap tesis aja- akhirnya saya bisa implementasikan teori-teori itu dalam sebuah program. Image processing..emang lebih keren pake bahasa inggris ketimbang mengartikannya ke pengolahan citra. Tapi demi bangsa tempat saya lahir, saya tetap gunakan istilah pengolahan citra…citra??diolah?? Apanya?? Dia itu kan temen SMPku..Okelah, musti harus dijelaskan dulu apa itu pengolahan citra-image processing.

Definisi dasar

Kita mulai dari definisi citra, citra yang dimaksud adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling [1], jadi bukan Citra teman SMP-ku itu lho ya….Gambar analog dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog, biasanya didapat dari kamera analog atau mata manusia, sedangkan citra diskrit atau citra digital dihasilkan dari proses digitalisasi citra kontinu, misalnya citra yang dihasilkan oleh scanner atau kamera digital.

Dari pernyataan diatas ada dua hal yang mungkin jadi pertanyaan, yaitu 1) apa proses sampling dan 2)proses digitalisasi. Keduanya sebenarnya hampir mirip, kalau kita ingin melakukan pengolahan citra, tentunya kita akan merepresentasikan dulu citra kontinu yang kita punya menjadi citra digital agar lebih mudah pengolahannya. Proses ini disebut proses digitalisasi, yaitu citra kontinu dibagi menjadi dalam bentuk matrik yang terdiri dari N baris dan M kolom sehingga menjadi citra diskrit. Sedangkan proses sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra.

Jenis Citra Digital

Beberapa jenis digital yang sering digunakan adalah citra biner, citra greyscale, dan citra warna.

  1. Citra Biner

    Biasa disebut dengan citra monokrom. Citra ini terdiri dari 2 warna saja yaitu hitam dan putih.

  2. Citra Greyscle

    Citra greyscale (derajat keabuan) memiliki beberapa warna diantara hitam dan putih. Banyaknya warna tergantung dari berapa bit citra tersebut.

  3. Citra warna (true color)

    Pada citra warna tiap pikselnaya terdiri dari warna yang merupakan kombinasi dari 3 warna dasar yaitu merah (red), hijau (green) dan biru (blue). Mengapa disebut citra true color? Setiap warna dasar dari citra warna menggunakan memori 8 bit = 1byte yang berarti akan memiliki 28 = 256 tingkatan (gradasi) warna. Jadi akan ada 28.28.28 = 224 = 16777216 warna dalam tiap piksel dari citra tersebut. Maka dari itu karena citra memiliki begitu banyak warna yang mewakili seluruh warna yang ada, format ini dinamakan citra true color.

Ya sudah mungkin itu dulu omang-omong pengertian dasar sekitar citra, mari kita lanjutkan ke pengolahan citra itu sendiri.

Pengolahan citra
Pengolahan citra merupakan proses manipulasi data suatu citra untuk menghasilkan citra baru.
Citra warna bisa direpresentasikan dalam format piksel yang terdiri dari 3 komposisi warna, yaitu merah (red/R), hijau(green/G), dan biru (blue/B). Jika menggunakan representasi citra 8bit dalam integer nilai R, G dan B mempunyai rentang 0-255. Semakin besar nilainya artinya warna tersebut mendominasi pada kombinasi warna pada citra tersebut.

Pemrograman Dasar Pengolahan Citra dengan Delphi
Baik sekarang saya coba jelaskan beberapa pemrograman dasar delphi yang akan digunakan dalam pengolahan citra nanti. Ada beberapa fungsi yang digunakan seperti penampilan citra, operasi matematika, pengambilan warna piksel, dll.

*** Baca kelanjutan artikel lengkapnya disini ****

….

Artikel terkait

1. Image processing menggunakan Delphi – Enhancment (Perbaikan kualitas citra)

7 Responses to “Image Processing menggunakan Delphi (1)”

  1. Lindung said

    gmn caranya mengkonversi citra true color menjadi citra biner? mohon bantuannya.,.
    bs tolong kirim scripnya ke l.budiyantoro@yahoo.com

  2. zetty said

    student form malaysia…

    can u help me how to read barcode using image processing?

    thanks..

    • thanks Zetty for your attention, but unfortunately i can help you more about this. I never been have a research about this before, nice topic
      But I think u can use this basic techniques, image aquisition>greyscaling>noise reduction>thresholding (binary image)>segmentation>decoding to get the code (u can use artificial intelligent like NN to recognize it). Have a nice research…

  3. zetty said

    my email…

    zetty_pear88@yahoo.com

  4. Shanty said

    Mas, Budi..
    gmana caranya untuk melakukan segmentasi pada gambar grayscale?
    terimakasih.

    mohon kesediaannya.
    bisa tolong reply ke email saya shanty.tambunan06@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

  5. Shanty said

    Mas, Andy..
    gmana caranya untuk melakukan segmentasi pada gambar grayscale?
    terimakasih.

    mohon kesediaannya.
    bisa tolong reply ke email saya shanty.tambunan06@gmail.com
    terimakasih sebelumnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: