all of andyQ

what you get is what you share……….

Bermain Mikrokontroler dengan mikroPASCAL

Posted by Andik on March 17, 2010

Jika anda biasa dengan bahasa BASIC untuk pemrograman komputer, dan anda hoby untuk membuat aplikasi mikrokontroler, anda bisa gunakan BASCOM karena saya yakin anda tidak mau tidak susah-susah bermigrasi ke bahasa assembler yang agak ribet. BASCOM sendiri sebenarnya adalah compiler bahasa BASIC untuk mikrokontroler. Tapi jangan khawatir bagi anda yang terlanjur cinta dengan Delphi ataupun Pascal seperti saya, sekarang sudah tersedia compiler bahasa Pascal untuk mikrokontroler yaitu mikroPascal dari mikroElektronika. Sebenarnya mikroElektronika juga menyediakan compiler bahasa BASIC dan C untuk mikrokontroler, tapi kali ini saya coba fokuskan ke mikroPascal..oke?!!

Kompiler ini kompatibel untuk mikrokontroler dari keluarga PIC, MCS maupun AVR. Saya rasa penggunaannyapun cukup mudah…karena mirip sekali saat kita gunakan program Delphi.

Berikut adalah tampilan IDE (Integrated Development Environment)mikroPascal AVR versi 402, sekarang sudah keluar mikroPascal PRO.

Gambar 1. IDE mikroPascal AVR

Code editor di mikroPascal cukup memanjakan programmer saat menulis programnya. Bagaimana tidak, selain dapat mengenali sintaks mikroPacal dengan cetak tebal, mikroPascal juga dilengkapi fitur hint code assistant (jendela kecil berisi sintaks mikroPascal) saat kita mengetik, parameter asisstant (berisi petunjuk parameter sintaks), koreksi otomatis, bookmarks dan go to line. Fitur ini tidak saya dapatkan ketika menulis program dengan CodeVision. Fitu ini juga dapat mengurangi kesalahan (error) sintaks, maupun penulisan parameter yang dapat mengakibatkan adanya kesalahan program secara keseluruhan meskipun kita sedang menulis program. Ini yang paling saya suka J

Gambar 2. Code Assistant

mikroPascal juga dilengkapi dengan informasi statistik program dalam bentuk diagram mengenai pemakaian memori, ukuran prosedur dalam sebuah memori, lokasi prosedur dalam memori dan sebagainya. TAmpilannya dalam bentuk histogram (diagram batang) disertai dengan label jumlah memori yan terpakai saat program selesai dikompilasi. Saya sendiri belum merasakan manfaat dari fitur ini, tapi kalo sekedar informasi mengenai konsumsi memori, fitur ini cukup membantu.

Gambar 3. Informasi Statistik

2 Responses to “Bermain Mikrokontroler dengan mikroPASCAL”

  1. gan.. itu kan pro. cara registrasinya gimna?

    dan kemudian, ada link untuk tutorial mikro pascal gk?

    terima kasih

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: