all of andyQ

what you get is what you share……….

Ultah Arya: Keceriaan dalam kesederhanaan…Alhamdulillah

Posted by Andik on August 24, 2011

Bulan Agustus ini Arya  genap berumur 1 tahun. Alhamdulillah…senang rasanya bisa mendampinginya tumbuh, meski tidak setiap hari. Setelah 1 bulan penuh meninggalkan anak dan istri karena tugas kemarin..bulan ramadhan ini sebulan penuh aku luangkan waktu untuk kedua buah hatiku. Mulai dari bangun dipagi hari hingga malam hari waktu tidur, menemaninya adalah hal yang mengasyikkan.

Tiap pagi setelah adzan subuh Arya selalu terbangun…apa yang dilakukannya setelah bangun? Awalnya cuma diem, melihat sekelilingnya masih gelap (karena kami tidur bertiga dengan lampu dipadamkan), kemudian ngoceh sendiri..mungkin nyanyi ya?! Setelah itu jika ayah bundanya tidak ada yang bangun, waktunya dia yang membangunkan. Ingin tahu bagaimana dia membangunkan orangtuanya? Kalau membangunkan bundanya kadang dengan menciuminya…hmm sampe basah kata bundanya. Kadang saya ngiri kenapa Arya cuma mau nyium bundanya, tapi ayahnya ga mau🙂. Tapi tak jarang juga bundanya selalu kesal karena wajahnya sering kena timpuk Arya hihi. Setelah puas dengan “menggoda” bundanya yg tak kunjung bangun, gantian ayahnya yang dinaiki dengan merayap diatas tubuh ayah. Yaaa..akhirnya bangun juga karena harus menjaga Arya agar tidak sampai ke bibir kasur. Lebih parah lagi kalo pas diapernya penuh dengan e’e’ ….waaaa kayak kena ranjau.

Yaa…hingga akhirnya tiba pada tanggal 20 ramadhan , atau waktu itu menurut kalender masehi tanggal 20 agustus 2011. Sesuai rencana kami berdua (aku dan istri) kami merayakan ultahnya mengikuti kalender arab yaitu 20 ramadhan, ketimbang tanggal 30 Agustus. Sebabnya tanggal 30 agustus tepat hari raya idul fitri, jadi kemungkinan akan repot sekali.

Sore harinya kami mengambil kue ulang tahun mungil yang kami pesan di sebuah toko kue. Tempatnya cukup jauh dari rumah, karena beda kecamatan. Waktu itu kami memesan kue mungil yang dihiasi karakter sponge bob diatasnya, lucu..dan juga beberapa macam bungkus kue yang nanti dibagikan ke tetangga. Harganya juga yang murah saja, yang penting cukup untuk menunjukkan rasa syukur kami pada Allah telah melimpahkan kesehatan pada anak kami. Lalu..hadiahnya???

Hmm…aku berpikir keras waktu itu memilih hadiah apa yang cocok buat Arya. Yang jelas harus untuk seumur dia, tidak berbahaya, mendidik, berkesan, dan yang ga mahal..hihihi. Tapi kemudian istri mengatakan tidak perlu memberinya hadiah, sudah terlalu banyak belanja buat Arya kemarin. Hmm..tapi kasihan juga anakku…Akhirnya pada suatu saat kami berdua pergi ke pasar, niatnya membeli kebutuhan sehari-hari saja. Sayur, daging, minyak…sudah memenuhi keranjang kami, dan siap untuk pulang. Tapi di tengah perjalanan, kami melihat orang jualan ikan hias (koi). Spontan istri mengajak berhenti dan berkata, “Ayah…itu aja buat Arya”. Wahh..bener juga, ikan koi, kenapa tidak terpikir ya?!

Kenapa ikan koi? Banyak alasan sebenarnya kenapa saya memilih ikan koi untuk hadiah ultahnya yang ke 1 tahun. Yang pertama saya ingin Arya belajar menyayangi (meskipun umur segitu mungkin belum mengerti), yang kedua ikan koi berwarna cerah menurut saya bisa melatih respon pengelihatannya, terus kalau sudah tertarik biasanya dia akan berusaha untuk meraihnya (bermain dengan ikan tsb). Kemudian ikan koi katanya adalah lambang keberuntungan, tapi menurut saya lebih dari itu, ikan (tidak hanya koi) tidak pernah tidur (seolah-olah karena tidak pernah menutup matanya), dia selalu berenang  agar dia hidup. Ini  mengandung doa kami, insyaAllah Arya tidak pernah putus asa dalam menjalani kehidupannya kelak. Empat ikan koi yang kami berikan juga mengandung arti bahwa ada empat doa insyaAllah Arya selalu diberi Kesehatan”, “Kepandaian”, “Kemuliaan Akhlak”, dan “Kemudahan rezeki” oleh Allah SWT..amin. Alasan lain kenapa ikan koi adalah ada kenangan manis bagi saya dan istri tentang simbol ikan. Istri selalu menyemangati saya dengan mengirimi sms gambar ikan ketika saya sedang sedih maupun kecewa. Kira-kira beginilah bentuknya >)));>

Yaa.. yang jelas saya sangat bersyukur sekali, kami telah melewati masa-masa sulit beberapa bulan kemarin. Lambat laun hari-hari kami membaik, sungguh Arya yang membuat kami kuat. Hari ini kami harus bersenang-senang tanpa harus berlebihan, yang jelas ada keceriaan dalam kesederhanaan disana…Alhamdulillah

Lihat foto sebelah,  gambar pertama itu waktu Arya disuruh bunda niup lilin…tapi Arya cuma diem saja. Sepertinya masih takut, karena kemarin habis kena api jarinya. Begitulah Arya, kalau belum mengalaminya sendiri tidak akan mempan dilarang. Tapi begitu dia tahu bagaimana rasanya megang api (korek), dia tidak mengulanginya. Lihat  ekspresi wajahnya ketika api lilin udah ditiup bunda…senang!! Kami sendiri tertawa geli melihatnya…

Lihat betapa sibuknya Arya dengan hadiah ultahnya. Bangun tidur siang, diberi kejutan 4 ikan hias ma ayah dan bunda. Duduk diatas plastik karung beras, dia asik main ma ikannya, sampai-sampai tumpah deh…eh malah masih di ulek-ulek ikannya. Gemes kali ya…Aryaa…Aryaa… Tahu kemana ikan-ikan itu sekarang? Dimakan kucing waktu ditinggal mandikan Arya. Duh..bukan Arya yang nangis, tapi ayah yang sedih. Belum ada 1 jam ikannya sudah abis dimakan kucing. Maafin ayah ya nak…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: